HUBUNGI SAYA

Untuk melakukan reparasi ponsel anda..
Silahkan hubungi saya di no. 085646742475
atau di e-mail saya fendy_kid@yahoo.co.id

Selasa, 26 April 2011

Memperbaiki Kerusakkan Speaker HP

Artikel kali ini saya akan membahas mengenai salah satu jenis kerusakkan yang mungkin dianggap ringan pada ponsel anda. Sebenarnya, jarang sekali kita temukan kerusakkan ringan pada ponsel seperti speaker mati. Masalah ini memang ringan dan mudah diatasi, akan tetapi jika pengguna tidak mengerti masalah ponsel maka masalah ini akan menjadi masalah yang sangat serius.

Speaker mati umumnya disebabkan karena ponsel jatuh, terbentur benda keras atau karena terkena air. Jika anda sudah mengerti metode penanggulangannya maka akan mudah sekali menanganinya. Ponsel yang mengalami kerusakkan pada speaker memiliki tanda sebagai berikut:
  1. Suara yang dihasilkan pada speaker ponsel tersebut terdengar kecil sekali.
  2. Pada saat menerima telepon, anda tidak bisa mendengar suara lawan bicara, jadi masalah ini akan merepotkan jika terjadi pada saat yang kurang tepat.
Sebelum melakukan perbaikkan dengan membongkar ponsel, alangkah baiknya melakukan langkah – langkah sebagai berikut:
  1. Bukalah menu pada ponsel, pilih menu seting atau set up. Periksalah volume pada ponsel, mungkin sebelumnya volume dimatikan sehingga tidak ada suara yang dihasilkan.
  2. Pada ponsel tipe baru bukalah menu profile dan aktifkan profile general / umum dan tekan tombol pilih, lalu masuk ke personalisasi dan maksimalkan volumenya.
  3. Pastikan bahwa tombol ON/OFF volume dalam keadaan baik.
Bila hal diatas sudah dilakukan tetapi ponsel masih tetap tidak terdengar suara pada speakernya  maka harus berani melakukan pembongkaran pada ponsel. Langkah yang harus dilakukan dalam perbaikkan pada speakernya adalah sebagai berikut:
  1. Bukalah cashing penutup ponsel dan buka juga seluruh baut yang ada pada ponsel tersebut dengan menggunakan obeng khusus untuk membuka ponsel menurut type atau merk ponselnya.
  2. Setelah semua bagian ponsel terpisah, lihat pada bagian atas ponsel. Pada bagian tersebut terdapat sebuah komponen berbentuk lingkaran, biasanya berwarna hitam dan memiliki 2 kaki konektor yang mempunyai fungsi untuk menghubungkan speakerphone dengan ponsel. Bila ponsel sudah lama dipakai maka bagian itu biasanya kotor terkena debu atau berkarat yang menyebabkan speeakernya mati. Hal itu biasanya terjadi karena arus listriknya tidak mengalir dengan sempurna ke speakerphone.
  3. Bersihkan bagian titik konektor speaker pada PCB dengan penghapus karet atau cutter dengan menggosok searah dan pastikan jangan samapi merusak bagian yang menghubungkan konektor dengan ponsel.
  4. Tarik kaki konektor speaker sedikit keatas perlahan – lahan jangan sampai lepas atau patah hal ini agar kaki konektor benar – benar melekat sempurna pada bagian mesin ponsel sehingga arus mengalir sempurna dan suara pada speaker kembali keluar. Akan tetapi jika speaker rusak atau mati, maka harus diganti dengan yang baru sesuai dengan jenis dan type ponselnya. Untuk mengecek apakah speaker tersebut mati atau masih baik maka harus menggunakan alat Multitester.
Demikian sekilas mengenai salah satu jenis kerusakan ringan pada ponsel pada artikel saya kali ini. Sedikit pengetahuan yang saya miliki dan saya coba bagikan pada semua pengunjung blog saya yang menglami kesulitan pada ponsel yang dimiliki. Semoga isi dari artikel saya kali ini bisa memberikan manfaat bagi semuanya dan menambah ilmu untuk semuanya. Terima kasih.

4 komentar:

fauzi mengatakan...

gan... HP gw eror nich ... SAMSUNG Corbi GT-3653 ....habis jatuh di kamar mandi... boleh bantuin ga ?

fendi mengatakan...

@fauzi: boleh gan..,pertolongan pertama..lepas baterainya untuk menghindari konsleting, lalu buka casing..n kalo agan punya obeng hp...buka semua baut yang tertancap trus buka semua lapisan hpnya agan..
bersihkan papan PCB dengan alkohol,kemudian kalo punya hairdryer keringkan dengan itu..klo nggak ada..keringkan dg meletakkan di tempat aman..
semoga membantu gan..:)

LOVELYZ TRILOGY mengatakan...

Sip ini min, makasih sudah share
https://www.tokopedia.com/codyonline/etalase/solder-temperatur



CODY***GARANSI SELAMANYA***
+ HARGA DIJAMIN LEBIH MURAH +
+JASA SERVIS YG PASTI LEBIH CEPAT +

Unknown mengatakan...

asalamualaikum..hp lenovo saya speker nya ga ada suaranya tpi klo pakai heandset ada suaranya ada..kenapa ya..

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons